berita
PENELITI UGM TANDATANGANI KONTRAK DENGAN UGM

PENELITI UGM TANDATANGANI KONTRAK DENGAN UGM

PENELITI UGM Pada tanggal 6 Januari 2005, di ruang Wakil Rektor Bidang Penelitian, dilakukan penandatanganan kontrak kerjasama antara staf pengajar Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan Wakil Rektor Bidang Penelitian. Kontrak kerjasama ini dimonitoring oleh Lembaga Penelitian UGM. Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Prof. Dr. Retno Sunarminingsih, M.Sc, Apt, serta Ketua Lembaga Penelitian/ Asisten Wakil Rektor bid. Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Dr.-Techn. Ir. Danang Parikesit, M.Sc, dan para pemenang seleksi pengajuan penelitian di UGM seperti Prof. Dr. Sri Rahardjo (FTP), Dr. Ika Dewi Ana, Ph.D (FKG), dan Dr. Ir. Eni Harmayani (FTP).

Menurut Prof. Retno Sunarminingsih, penelitian ini merupakan upaya UGM untuk meningkatkan kinerja peneliti agar lebih inovatif dalam penelitian. Para pemenang seleksi pengajuan penelitian di UGM diharapkan dapat menghasilkan penelitian yang inovatif dan dapat dipatenkan.

Salah satu pemenang, Prof. Dr. Sri Rahardjo, menjelaskan bahwa penelitiannya berkaitan dengan antioksidan pangan. Penelitian tersebut difokuskan pada upaya mencegah foto oksidasi pada produk pangan, yang dapat menyebabkan aroma makanan menjadi tidak sedap. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan solusi untuk mengendalikan kerusakan aroma pada produk pangan.

Dr. Ika Dewi Ana, Ph.D, menjelaskan bahwa penelitiannya selama lima tahun terakhir berkaitan dengan perubahan molekul suatu bahan menjadi bahan lain yang dapat digunakan untuk pergantian tulang atau rekonstruksi jaringan. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan bahan pengganti jaringan yang sintetis untuk mengatasi keterbatasan rekonstruksi jaringan yang ada saat ini.

Sementara itu, Dr. Ir. Eni Harmayani menjelaskan bahwa penelitiannya bertujuan untuk mengembangkan makanan fungsional yang mengandung bakteri probiotik. Bakteri probiotik ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan menurunkan kolesterol. Salah satu makanan tradisional yang dipilih sebagai objek penelitian adalah Dedih, makanan fermentasi tradisional dari Sumatra Barat. Bakteri yang terdapat dalam Dedih telah diisolasi dan diuji untuk menghasilkan produk makanan fungsional yang dapat dikomersialkan.